Ikan Guppy : Si Kecil Cantik Yang Menjadi Incaran Pecinta Ikan Hias

Berkenalan dengan Ikan Guppy

    Ikan Guppy adalah ikan yang sangat mudah berkembang biak, meskipun bentuknya kecil tapi ikan ini merupakan ikan yang cukup terkenal dikalangan para pecinta ikan hias karena selain mudah untuk merawatnya ikan ini juga sangat mudah di kembang biakan.



    Ikan Guppy ini adalah termasuk family ikan Poecilidae yang berukuran kecil, untuk membedakan antara jantan dan betina pun sangat mudah karena terlihat dari bentuk fisiknya dengan ukuran tubuh jantan lebih kecil dari betinanya dengan sirip jantan lebih menjumbai sedangkan betina tidak memiliki sirip yang menjumbai dan warnanya pun lebih kusam dibanding dengan warna ikan Guppy jantan yang memiliki warna lebih kontras dibanding betina.

Asal Usul Ikan Guppy    

    Di Indonesia ikan ini banyak di temukan di parit-parit, kolam dan selokan di rumah, usut punya usut neh ya sobat ikan hias ternyata ikan ini asli dari Amerika Tengah dan Selatan, ikan guppy ini dulu masuk ke Indonesia pada tahun 1920 an dan kemudian sengaja dilepaskan di alam liar dengan maksud untuk memberantas larva nyamuk dan mengendalikan penyebaran penyakit malaria dan baru pada tahun 1929 an ikan ini telah berkembang biak dengan pesat dan bisa ditemukan di semua tempat di Indonesia.



    Ikan ini pertama kali di temukan oleh Robert John Lechmere Guppy dan kemudian diberi nama sesuai dengan nama penemunya yaitu Girardinus Guppy oleh Albert C.L.G Gunther pada tahun 1866, tapi ternyata nama ikan tersebut sebelumnya sudah disahkan terlebih dahulu dengan nama Poecilia reticulata oleh Wilhelm Peters pada 1859. Namun meskipun demikian yang lebih sering dikenal oleh orang-orang hingga sekarang adalah dengan sebutan Ikan Guppy.

Incaran Koleksi Para Pecinta Ikan Hias

    Dengan Bulu dan siripnya yang indah ikan Guppy ini menjadi pilihan para pemburu ikan hias baik pemula ataupun yang sudah lama menjalani hobby tersebut, selain mudah untuk dipelihara ikan ini pun sangat mudah untuk di kembang biakan.

    Untuk ikan guppy ini beberapa jenis nya ada yang termasuk langka dan sulit di cari hingga harga jual termahal nya bisa mencapai jutaan.

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Jual ikan