12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dijamin Mudah Untuk Dipelihara Pemula



12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dijamin Mudah Untuk Dipelihara Pemula

    Sobat pecinta ikan hias kali ini kita akan membahas ikan-ikan yang dijamin mudah untuk dipelihara terutama bagi pemula yang baru saja memulai hobinya memelihara jenis-jenis ikan hias untuk memperindah ruang tamu ataupun halaman rumah menjadi lebih indah dengan adanya ikan-ikan hias tersebut.








    Ikan Cupang adalah ikan hias air tawar yang memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat kuat meskipun dengan kondisi air dan oksigen yang sedikit selain itu ikan ini tidak membutuhkan wadah yang sangat besar untuk memeliharanya, sehingga menjadikan ikan ini adalah ikan yang sangat direkomendasikan untuk para pemula yang ingin mulai hobi memelihara ikan.

    Selain itu ikan cupang juga memiliki variasi warna tubuh yang indah dan juga perawatannya yang sangat mudah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai peliharaan para pecinta ikan hias.





    Selain ikan cupang, ikan guppy ini juga adalah termasuk ikan hias yang minim perawatan dan sangat mudah untuk dikembang biakan, selain itu ikan guppy ini memiliki ekor dan sirip yang indah dan berwarna warni sehingga sangatlah dianjurkan bagi para pecinta ikan yang baru ingin mulai hobby nya memelihara ikan hias.




    Ikan hias yang satu ini sangat cocok dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifat ikan tetra ini senang berkoloni dan sangat menarik jika di taruh di dalam aquarium yang cukup besar sebagai pemanis ruang tamu ataupun kamar anda. Selain itu harga ikan ini relatif cukup murah walaupun beberapa ada yang sangat mahal untuk beberapa jenis ikan tetra yang langka.

4. Ikan Koi



    Siapa sih yang tidak tahu ikan koi? ikan ini cukup populer dikalangan para pecinta ikan hias dan sangat cocok di taruh di dalam kolam taman sehingga mempercantik taman atau halaman rumah anda.

    Ikan ini memiliki warna yang khas dengan gradasi warna merah,putih, hitam ataupun kuning dan lebih menariknya lagi ikan ini sangat mudah untuk dipelihara.




     Ikan Koki ini juga termasuk ikan hias air tawar yang cukup populer dikalangan para pecinta ikan hias terutama di Indonesia.  Ikan ini tidak dapat digabung dengan ikan jenis lain karena termasuk ikan eksklusif dan selain itu perawatannya tidak terlalu sulit dan juga tidak bisa dibilang terlalu mudah, karena ikan ini membutuhkan makan yang khusus dan mengandung nutrisi sehingga tidak bisa diberi makan sembarangan.

    Selain itu jangan pula terlalu banyak memberikan makan karena sisa makanan bisa menyebabkan penyakit akibat bakteri yang ditimbulkan dari sisa makanan tersebut. Untuk cara perawatan Ikan Koki agar tidak cepat mati dan tidak mudah terkena penyakit akan di bahas secara khusus dilain waktu oleh kami.

6. Ikan Molly



    Ikan Molly ini memiliki daya tahan dan kemampuan bertahan hidup yang kuat seperti ikan cupang, selain itu Ikan Molly ini banyak dipelihara karena warna nya yang bervariasi dan bentuknya yang gempal membuatnya terlihat lucu dan menarik untuk dipelihara.




    Ikan ini termasuk ikan Karnivora dan juga ikan yang agresif sehingga ikan ini termasuk ikan eksklusif yang tidak bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya terutama ikan hias yang berukuran lebih kecil darinya, dijamin dalam hitungan detik ikan kecil tersebut akan menjadi target santapan ikan ini, Gak percaya? silahkan anda coba sendiri dan buktikan hasilnya.

    Walaupun ikan ini agresif tapi ikan Oscar ini bisa dijadikan sebagai pilihan ikan hias bagi para pecinta Ikan Hias, dikarenakan warna tubuhnya yang indah dan bervariatif. Untuk memulai memelihara Ikan Oscar ini dibutuhkan wadah atau Aquarium yang cukup besar karena ikan ini akan berukuran besar saat dewasa dan juga dibutuhkan sirkulasi udara yang cukup didalam Aquarium tersebut.




    Ikan Lemon ini cocok di pelihara oleh para pemula karena daya tahan tubuhnya yang kuat dan juga warna nya yang kuning seperti lemon membuatnya lebih menarik. tapi jangan  sekali-sekali mencampur ikan ini dengan jenis ikan lain karena ikan ini termasuk ikan yang agresif dan akan menyerang ikan jenis lain terutama yang berukuran lebih kecil dari ikan ini.

9. Ikan Bala Shark




    Hiu bala ini merupakan spesies ikan dari keluarga Cyprinidae dan juga merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos yang sangat mirip dengan hiu sungguhan, tetapi ikan ini bukanlah termasuk jenis ikan hiu, dipanggil hiu dikarenakan bentuknya yang seperti topedo dan siripnya yang berukuran besar.

    Ikan ini tidaklah agresif tidak seperti halnya Ikan Hiu, tapi ikan ini sangatlah bersahabat dengan jenis ikan tropis lain dan juga sangatlah indah dipandang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias. Ikan Bala ini bisa berukuran hingga 25 cm saat dewasa namun jika di alam bebas ikan ini bisa berukuran besar mencapai hingga 40cm jadi disarankan untuk menyiapkan wadah yang cukup besar dikarenakan ikan ini saat mencapai umur dewasa akan sangat berukuran besar.






    Ikan Corydoras ini juga bisa dijadikan peliharan dicampur dengan ikan hias lainnya, ikan ini bisa berfungsi sebagai pembersih kotoran ikan di dalam aquarium karena ikan ini biasa hidup di dasar Aquarium dan akan memakan kotoran ikan lainnya.

    Dengan memelihara ikan corydoras ini selain anda bisa menambah koleksi jenis ikan hias di dalam aquarium, sobat pecinta ikan juga tidak perlu membayar ekstra pembersih kotoran di dalam aquarium anda. :)


11. Ikan Black Ghost



    Ikan Black Ghost ini mendengar namanya saja sudah membayangkan hal yang seram tapi tenang saja sobat ikan hias, namanya saja yang menyeramkan tapi kenyataannya ikan hias Black Ghost ini dipanggil seperti itu karena tubuhnya yang berwarna hitam dan sirip panjangnya menyerupai hantu yang sedang terbang.

    Yang membuat ikan ini menarik adalah gerakan ikan tersebut di dalam air yang bergerak maju dan mundur bahkan terkadang ikan tersebut melakukan manuver di dalam air dengan luwes layaknya penari balet.

12. Ikan Manfish / Angel Fish



    Ikan yang satu ini tampil dengan elegan di dalam air dengan bentuknya yang pipih dan siripnya yang panjang serta gerakannya yang santai dan tenang bagaiikan pragawati membuatnya terlihat cantik dan anggun dan membuat yang melihatnya merasa rileks.



        Demikianlah 12 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara bagi para pemula yang baru akan memulai hobby nya dalam memelihara ikan hias.

    Semoga sobat ikan hias bisa mulai memilih kira-kira ikan mana yang cocok menjadi peliharaan pertama  dalam memulai hobby kalian tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Jual ikan