Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Cepat Mati


Ikan Cupang

Tips Merawat Ikan Cupang

    Seperti yang kita tahu ikan cupang adalah jenis ikan hias air tawar yang paling kuat bertahan hidup, ikan cupang ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu Ikan cupang Hias, Ikan cupang Aduan dan Ikan cupang liar. Selain itu ikan ini sangatlah mudah untuk dipelihara meskipun dengan kondisi udara dan air yang minim namun ikan ini masih bisa bertahan hidup.

    Hobi memelihara ikan ini bukanlah hal baru bagi para pecinta ikan hias, untuk kalian yang baru mulai merawat ikan cupang sebagai hobi baru kalian mungkin bisa mengikuti beberapa tips berikut agar ikan kalian dapat terawat dan tidak cepat mati.

1. Menyiapkan Wadah Yang Tepat
   Sebelum memelihara Ikan Cupang alangkah baiknya kita menyiapkan wadah yang tepat untuk ikan cupang tersebut seperti toples, Aquarium kecil dan wadah apa saja yang sesuai dengan ikan tersebut, kalian tidak perlu menyiapkan wadah yang besar karena ikan cupang juga dapat hidup dengan ruang yang kecil. Bagi kalian yang mungkin ingin mendesign sendiri tempat untuk cupang kalian mungkin bisa menambahkan beberapa hiasan di wadah tersebut seperti batu-batu kecil atau tanaman palsu atau apapun sesuai dengan selera kalian.

2. Perhatikan Air untuk Memelihara Ikan Cupang
    Setelah kalian menyiapkan wadah untuk ikan cupang selanjutnya kalian harus menyiapkan air untuk ikan tersebut, kalian bisa menggunakan air Sumur atau air pam sebagai pengisi wadah kalian, diusahakan menggunakan air yang bersih agar aquarium kalian terlihat lebih bersih dan sering mengganti air tersebut setiap 3 hari sekali agar ikan kalian lebih sehat. untuk penggunaan air PAM atau hendak mengganti seluruh air diusahakan untuk mendiamkan atau mengendapkan terlebih dahulu air tersebut diwadah lain selama 3 jam sebelum dituangkan ke wadah ikan kalian.

3. Makanan
   Untuk makanannya sendiri ikan cupang ini bisa memakan jentik, kutu air, cacing sutra atau makanan ikan yang bisa kalian beli di toko ikan. Jangan terlalu banyak menaruh makanan ke wadah ikan cupang karena bisa cepat membuat air menjadi kotor, kalian hanya cukup menaburkan sedikit demi sedikit ke dalam wadah ikan dan jika sudah habis baru kalian bisa berikan lagi ke ikan tersebut.

4. Tambahkan Daun Ketapang
   Selain itu untuk menyembuhkan luka atau ekor yang sobek kita bisa memasukan daun ketapang kering kedalam wadah ikan cupang karena daun ketapang kering tersebut bisa berfungsi sebagai antibiotik alami bagi ikan cupang bahkan daun ketapang tersebut dapat membuat PH air menjadi lebih baik bagi ikan cupang sehingga membuat ikan cupang kita menjadi lebih sehat dan bulunya menjadi lebih terawat dan indah, walaupun air menjadi sedikit kuning tidak masalah karena bukan berarti air tersebut menjadi kotor. 

    Demikianlah Tips merawat Ikan Cupang bagi kalian yang baru akan memulai hobi memelihara ikan hias termasuk ikan cupang, semoga tips tersebut bermanfaat dan ikan kalian tidak cepat mati dan lebih sehat serta terawat tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Jual ikan