Aligator Gar : Ikan Predator Yang Hidup dari Jaman Pra Sejarah




Ikan Aligator Gar


    Ikan Aligator Gar atau Atractosteus spatula disebut ikan Aligator dikarenakan moncongnya yang berbentuk seperti buaya dan dengan ukuran yang juga sangat besar, ikan ini adalah termasuk ikan predator air tawar yang berukuran sangat besar dengan ukuran rata-rata dewasa-nya bisa mencapai 1-2 meter dengan berat sekitar 45-73 Kilogram bahkan ukuran nya mungkin ada yang bisa mencapai 3 meter dan berat hingga 100 kilogram.

Pada saat ini populasi terbesar Aligator Gar ditemukan di Amerika Utara dari Quebec selatan ke Costa Rica, Namun berdasarkan sejarahnya mereka berenang dari Eropa, Afrika, Asia Selatan dan perairan Amerika Selatan. Ikan ini diyakinin sebagai Fosil hidup karena termasuk ikan primitif dan sudah ada sejak jaman Prasejarah.

    Dari nama Aligator Gar dan bentuk tubuhnya yang besar serta moncongnya yang menyerupai buaya tersebut bukan berarti spesies ikan ini ada hubungan kerabat dengan Buaya yang sebenarnya, jadi jangan sampai anda salah mengira ikan ini adalah sejenis buaya yang tidak memiliki kaki seperti umumnya ya sobat - sobat pecinta ikan hias .



Apakah Ikan Aligator Ini Berbahaya?

    Meskipun ikan ini termasuk jenis karnivora dan memiliki gigi taring yang tajam, ikan Aligator Gar ini memang akan menggigit jika dirinya merasa terancam, tapi hingga saat ini belum ada laporan yang masuk adanya kejadian penyerangan terhadap manusia, tetapi kita harus tetap berhati - hati karena giginya yang tajam bisa saja melukai tangan kita jika kita kurang berhati -hati.

Apakah Ikan ini Bisa Dimakan?

    Ikan Aligator ini bisa dimakan, tetapi rasa dagingnya kurang begitu enak dijadikan sebagai makanan dan telurnya pun beracun serta kulitnya pun sangat tebal untuk disiapkan sebagai menu hidangan rasanya terlalu sulit proses memasaknya. Malahan bagian dari ikan ini lebih sering dijadikan sebagai perhiasan dan aksesoris oleh penduduk setempat.

Apakah Ikan ini bisa Kita jadikan Peliharaan?

    Ikan ini bisa saja dijadikan peliharaan tapi melihat ukurannya yang sangat besar maka akan sangat sulit jika ikan ini dipelihara di dalam aquarium, setidaknya di butuhkan kolam ikan yang besar sebagai tempat menyimpannya, selain itu karena ikan ini termasuk ikan predator maka kalian harus menyiapkan pakan yang cukup banyak hingga membutuhkan modal yang cukup besar untuk memelihara ikan tersebut.

Apakah Ikan ini dilindungi?

    Ikan ini termasuk spesies yang dilindungi karena perkembang biakannya yang lambat dan populasinya yang sudah mulai berkurang maka ikan ini mulai dilindungi keberadaannya, ikan Aligator Gar ini sempat dianggap hama dan dibunuh secara masal oleh penduduk setempat. Karena ikan ini termasuk predator dan memakan ikan apapun, maka keberadaan ikan ini dianggap bisa mengganggu ekosistem di sekitarnya jika pertumbuhannya tidak dikendalikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Jual ikan